Laman

Rabu, 17 September 2014

RUMAH PINTAR

Apple Inc, perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, tengah bersiap meramaikan kompetisi konsep rumah pintar atau smarthome. Rencananya konsep ini akan diperkenalkan dalam acara Worldwide Developers Conference (WDC) di San Francisco, Amerika Serikat, pada 2-6 Juni mendatang.

“Konsep smarthome merupakan upaya Apple untuk menandingi Samsung,” demikian tulisan di situs teknologi Mashable. Samsung, yang selama ini menjadi kompetitor terkuat Apple Inc, sudah lebih dulu meluncurkan konsep rumah pintar yang terhubung ke berbagai perangkat bergerak.

Samsung memperkenalkan konsep rumah pintar bertajuk Smart House dalam Consumer Electronics Show di Las Vegas pada awal tahun ini. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna mengoperasikan televisi, kulkas, penyejuk udara, atau mesin cuci lewat telepon pintar dan sabak digital yang sudah terinstal aplikasi khusus.

Adapun teknologi yang bakal dihadirkan Apple Inc adalah pengoperasian peralatan rumah tangga lewat iPhone. Akan ada sejumlah mitra yang ditunjuk untuk mengembangkan perangkatnya. Namun, perusahaan yang bermarkas di San Francisco ini enggan menyampaikan siapa manufaktur yang digandengnya untuk mengembangkan perangkat tersebut.


Apple Inc sudah memberi sinyal ketertarikannya mengembangkan konsep rumah pintar pada Juni 2012. Kala itu perusahaan ini membeli paten teknologi yang terkoneksi ke sistem pencahayaan, keamanan, peralatan musik, pintu garasi otomatis serta peralatan dapur. Sayangnya, Apple tidak segera merealisasi konsep tersebut sehingga akhirnya didahului Samsung.

Dikutip dari Business Insider, konsep Internet of Things yang terintegrasi ke peralatan rumah tangga diperkirakan akan menghubungkan sekitar 9 miliar berbagai produk pada 2018.
teknologi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar